Memanfaatkan Keterampilan Menulis, Paket 2 in 1 untuk Belajar Bahasa Inggris

Memanfaatkan Keterampilan Menulis, Paket 2 in 1 untuk Belajar Bahasa Inggris

Keterampilan menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa. Ketiga keterampilan lainnya antara lain menyimak, berbicara, dan membaca. Dua dari ketiga keterampilan tersebut bisa didapat dalam sekali dayung melalui keterampilan menulis. Bagaimana caranya dan apa saja dua keterampilan itu? Check it out!

Aktivitas menulis

Menulis merupakan aktivitas tertinggi yang bisa dilakukan seseorang dalam kaitannya dengan keterampilan berbahasa.

Saat pertama kali dilahirkan ke dunia tidak mungkin keterampilan menulis menjadi yang pertama dikuasai. Ibarat teko, bayi yang baru lahir tersebut sama sekali belum terisi alias bersih. Sejak lahir itulah, bayi mulai memperoleh keterampilan menyimak, yakni menyimak suara-suara baru yang didengar.

Berdasarkan apa yang disimak, bayi mulai mempelajari bahasa tersebut melalui tahapan yang disebut dengan menirukan (imitation). Kecepatan bayi dalam menirukan bahasa berbeda-beda sesuai dengan kemampuan kognitif masing-masing. Melalui menyimak tersebut bayi lambat laun mampu menirukan bahasa dengan sempurna hingga dapat berbicara.

Baik keterampilan menyimak dan berbicara, keduanya diperoleh. Berbeda dengan membaca dan menulis yang didapatkan melalui proses belajar. Belajar mengenal huruf rata-rata diajarkan dalam keluarga sebelum memasuki sekolah. Berbarengan dengan itu, keterampilan menulis juga diajarkan.

Meskipun keduanya sama-sama dipelajari masih terdapat perbedaan pula antara membaca dan menulis. Membaca merupakan aktivitas menginput informasi, sedangkan menulis sebaliknya berusaha mengeluarkan output sebagai hasil dari proses berpikir.

Keterampilan menulis yang dimaksud penulis di sini bukan sekedar mampu menulis. Namun lebih dari itu yakni mampu menyampaikan gagasan dan pikirannya ke dalam tulisan.

Keterampilan menulis mewadahi keterampilan bahasa lainnya

Menulis dapat dijadikan sebagai kebiasaan atau hobi dalam kehidupan sehari-hari. Memanfaatkan aktivitas ini sama dengan melakukan aktivitas membaca dan berbicara. Kok bisa?

Baca juga >>  Ketahuilah Penyebab Kamu Bermasalah dengan Pronunciation

Sebelum menulis, seseorang perlu mempersiapkan betul segala yang diperlukan, baik tujuannya menulis, materi yang hendak ditulis, data sebagai bahan rujukan, hingga daftar pustaka yang memperkuat keabsahan data. Mendapatkan sebuah data tentu bisa didapatkan melalui proses membaca baik dari surat kabar, jurnal, atau halaman website.

Keterampilan menulis juga mewadahi keterampilan berbicara. Sebagai lanjutan, ide-ide yang telah tertuang dalam bentuk karya tulis tersebut perlu dikomunikasin. Menulis sebuah karya tulis tentu butuh pertanggungjawaban, berbeda dengan berbicara. Oleh karena itu, berbicara sepatutnya dapat menopang tulisan bukan sebaliknya.

Membaca sebagai usaha mendapatkan informasi untuk menulis, sedangkan berbicara sebagai upaya  menyampaikan isi dari tulisan.

Menulis dalam meningkatkan kemahiran bahasa Inggris

Keterampilan menulis sangat tepat digunakan dalam belajar bahasa Inggris. Cobalah menulis dimulai dengan proses membaca yang diakhiri dengan berbicara (dikomunikasikan).

Tidak hanya tiga keterampilan yang didapat, bahkan perbendaharaan kosakata bahasa Inggris, tenses, grammar, phrase, noun clause, adverbial cluase, adjective clause, modals, conjuction, dan sebagainya. Semua akan terinclude ke dalam satu kegiatan menulis tersebut.

Cara ini dapat dilakukan setiap hari dengan menggunakan topik-topik bahasan yang berbeda-beda. Semakin hari level pembahasan pun dapat ditingkatkan dan diperdalam sehingga jangkauan bahasa Inggris yang didapat pun semakin luas.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk meningkatkan literasi di Indonesia.

Baca juga artikel lainnya:

Aktivitas sehari-hari untuk tingkatkan kemampuan bahasa Inggris

Permasalahan umum writing in English

Belajar bahasa Inggris & punya ribuan vocabulary, then practice

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *